Wednesday, January 4, 2012

Pria Juga Berisiko Besar Terkena Osteoporosis

Selama ini yang selalu disebut punya risiko besar terkena penyakit osteoporosis adalah wanita. Tapi baru-baru ini terungkap bahwa pria juga punya risiko yang sama terkena penyakit pengeroposan tulang itu.

Memang benar fase manepouse pada wanita masih merupakan penyebab utama osteoporosis. Namun ternyata pengeroposan tulang belakang juga banyak terjadi pada pria dan akhir-akhir ini jumlah penderitanya semakin meningkat.

Dalam sebuah pertemuan yang dilakukan oleh Akademi bedah tulang Amerika, American Academy of Orthopaedic Surgeons, disebutkan memang pengeroposan tulang pada pria biasanya tidak separah yang terjadi pada wanita. Sehingga penyakitnya dianggap berada di area abu-abu dan diberi nama osteopenia.


Di Amerika Serikat 34 juta orang yang divonis menderita osteoporosis, 10 juta diantaranya termasuk dalam kategori osteopenia. Angka itu diperkirakan akan terus bertambah, dan di tahun 2020, diperkirakan 50 persen penduduk Amerika akan menderita pengeroposan tulang.

Oleh karena itu yang paling penting adalah melakukan pencegahan. Konsumsi makanan kaya kalsium serta vitamin D dari sinar matahari adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat tulang.

Jadi, ayo jaga tulang Anda sejak dini

No comments:

Post a Comment