Wednesday, January 4, 2012

Kafein Sebabkan Keguguran

Siapa sangka minuman yang kerap jadi kudapan pagi kita berbahaya bagi janin. Ibu hamil harus ekstra waspada terhadap teh juga kopi yang dikonsumi setiap hari.

Dr. De Kun Li, seorang ahli kandungan dari Oakland, California mengungkapkan bahwa kadar kafein berlebihan akan berakibat buruk bagi kandungan. Perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 200 miligram kafein setiap harinya akan memiliki risiko keguguran 2 kali lebih besar daripada yang tidak mengkonsumsi.

Sebuah penelitian dilakukan pada perempuan yang menjadi pasien Kaiser Permanente Medical Care Program. Perempuan-perempuan yang mengalami keguguran dikumpulkan dan kemudian diberi beberapa pertanyaan. Hasilnya 60 persen dari mereka mengaku mengkonsumsi lebih dari 200 miligram kafein perhari.


Kebanyakan dari mereka memang bukan peminum kopi, namun mereka tidak sadar bahwa kandungan kafein tidak hanya di minuman mengandung kopi. Kafein juga terdapat pada teh, minuman bersoda, minuman penambah energi dan cokelat. Parahnya, kafein mempunyai efek candu.

Oleh karena itu, Dr. De Kun Li menyarankan untuk para perempuan yang sedang mengandung, lebih baik berhenti sama sekali untuk meminum minuman berkafein sehingga efek candunya hilang.

No comments:

Post a Comment