Sunday, January 15, 2012

Risiko untuk Menderita Stroke dapat Diubah

Salah satu faktor risiko terbesar untuk stroke adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tapi bagi mereka yang memiliki tekanan darah normal, juga tidak tertutup kemungkinan untuk dapat menderita stroke juga.

Faktor-faktor risiko lain seperti merokok dan kegemukan, merupakan faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Faktor risiko ini dapat diubah sehingga menurunkan risiko untuk menderita stroke.

Demikian hasil penelitian yang dilakukan dari para ahli di Malmo University Hospital, Swedia, yang diikuti oleh lebih dari 28.000 orang. Penelitian ini dilakukan selama 6 tahun untuk mengetahui faktor risiko dari stroke. Selama penelitian tersebut, 466 orang mengalami storke.


Sebagian besar dari mereka yang mengalami stroke mempunyai tekanan darah tinggi, tapi 12% dari mereka mempunyai tekanan darah normal, yaitu dengan tekanan darah yang kurang dari 140/90. Mereka yang mengalami stroke dengan normal tekanan darah mempunyai faktor-faktor risiko lain seperti usia yang lebih tua, kegemukan, merokok, penyakit jantung dan tukak lambung (sakit maag).

Tukak lambung, dihubungkan dengan terjadinya stroke karena kuman Helicobacter pylori, sebagai penyebab tukak lambung diduga berperan dalam terjadinya sumbatan dalam dinding pembuluh darah.

Sama halnya seperti kegemukan dan merokok, tukak lambung juga merupakan suatu kondisi yang dapat diobati sehingga faktor-faktor risiko ini sebenarnya dapat diubah untuk mencegah terkena stroke.

Sumber: Jurnal Stroke

No comments:

Post a Comment