Sunday, January 15, 2012

Risiko Stroke Berhubungan dengan Riwayat Dalam Keluarga

Riwayat penyakit dalam keluarga, merupakan salah satu faktor risiko untuk penyakit-penyakit tertentu. Sebut saja penyakit kencing manis, asma, hipertensi dan sebagainya. Demikian juga untuk penyakit stroke.

Seorang wanita muda bila dalam keluarganya, baik orang tua maupun saudara ada yang menderita stroke, maka akan meningkatkan risikonya untuk mengalami stroke.

Demikian yang terlihat dari penelitian pada lebih dari 500 wanita, yang berusia antara 18 hingga 44 tahun, yang risikonya untuk menderita stroke iskemik (karena sumbatan pada pembuluh darah), meningkat hampir dua kali lipat dengan adanya riwayat keluarga yang menderita stroke. Dan risikonya meningkat hingga 2,4 kali lipat untuk mengalami stroke perdarahan (pecahnya pembuluh darah) pada wanita yang mempunyai riwayat stroke dalam keluarga.


Dari penelitian ini terlihat bahwa riwayat stroke pada keluarga, ternyata menjadi faktor risiko penting untuk mengalami stroke. Bagaimana hubungan ini dapat terjadi, para peneliti belum mampu untuk menjelaskan.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi dengan cepat, yang dapat berakibat pada kelumpuhan (cacat) dan bahkan kematian. Pencegahan merupakan cara utama dengan menekan faktor-faktor risiko penyebabnya.

Sumber: the American Journal of Preventive Medicine

No comments:

Post a Comment