Wednesday, January 4, 2012

Sayuran Berwarna Kuning Cegah Kebutaan

Pigmen yang terdapat pada labu dan jagung dapat berperan cegah terjadinya kebutaan terutama bagi wanita usia tua, hasil suatu penelitian.

Para ahli dari US menunjukkan bahwa pigmen yang terdapat pada tanaman berperan penting melindungi mata orang tua dari terjadinya 'age-related macular degeneration' (AMD).

Penyakit mata adalah salah satu pemicu terjadinya kebutaan pada orang tua. Untuk beberapa waktu para ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan rusaknya retina bagian belakang, dan menurut mereka hal ini berhubungan dengan kebiasaan makan.


Para ahli tersebut menyimpulkan bahwa pigmen lutein dan zeaxanthin ditemukan dalam jagung, labu, kuning telur, dan beberapa sayur yang berdaun hijau.

para ahli dari Universitas Wisconsin mempelajari efek kedua pigmen terebut terhadap 1787 wanita Amerika yang berusia 50-79 tahun.

Contoh darah dan foto berwarna dari retina menunjukkan bahwa wanita usia tua yang mengkonsumsi makanan yang mengandung pigmen berwarna kuning ternyata berisiko lebih kecil alami AMD.

Meski demikian para ahli tersebut mengatakan bahwa tidak hanya makanan yang mengandung pigmen kuning saja yang dapat mencegah kebutaan tetapi banyak jenis makanan lain yang juga dapat bersama-sama mencegah terjadinya kebutaan atau AMD seperti halnya jenis makanan yang mengandung carotenoid.
(idionline/KalbeFarma)

No comments:

Post a Comment