Wednesday, January 11, 2012

Menuai Manfaat Salad

Salad buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral, serta bisa dibuat rendah lemak dan kaya serat. Daun hijau serta buah dan sayuran berwarna kuning tua adalah sumber vitamin C.

Sayuran dan buah lain mengandung vitamin C. Sayuran dan buah lain mengandung vitamin C, asam folat, besi, magnesium. Lakukan tip berikut untuk membuat salad yang benar-benar sehat.


1. Hati-hati dengan dressing
Salad tidak lagi rendah lemak bila dikonsumsi dengan dressing terlalu banyak. Dressing dapat menambah 100 kalori per sendok makan. Sementara salad tanpa dressing hanya mengandung 25 kalori per setengah cangkir sajian. Ambil dressing secukupnya karena jika terlalu banyak juga dapat mengubah cita rasaa sayuran.

2. Basuh sayuran hijau sebelum disimpan
Bersihkan sayuran dengan air krean yang mengalir. Keringkan dan simpan dalam kantong plastik di dalam lemari es supaya salad segar ketika dimakan.

3. Jangan potong dengan pisau
Untuk sayuran berdaun hijaum potong sayuran degan tangan. Jangan gunakan pisau karena akan menyebabkan sayuran berwarna kecoklatan.

4. Jangan dimasak terlalu lama
Ada beberapa jenis sayuran yang dimasak terlebih dahulu, misalnya jagung manis dan kembang kol.

5. Rendam apel dalam jus (air) lemon
Apel, pisang, dan pir selalu berubah menjadi kecoklataan tak lama setelah dipotong. Rendam potongan buah-buahan itu dalam jus (air) lemon supaya terlihat tetap cantik dalam waktu lama.

(idionline/KalbeFarma)

No comments:

Post a Comment