Wednesday, January 4, 2012

Cokelat Atasi Diare

Diare memang menyiksa. Selain perut sakit, diare juga membuat tubuh lemas karena kekurangan cairan. Apa pun akan dilakukan untuk meredakannya. Jika ingin praktis, biasanya kita memilih obat-obatan seperti oralit. Menggunakan cara alami, diare biasanya diatasi dengan memakan buah salak, atau mengunyah daun jambu biji. Namun pernahkah terbayangkan di benak Anda, ternyata cokelat bisa juga meredakan diare.

Sejarah mencatat bahwa pemakaian cokelat untuk mengatasi diare telah ada sejak abad 16. Masyarakat Amerika Selatan dan Eropa telah terbiasa mengkonsumsi cokelat untuk meredakan pengeluaran cairan terus menerus saat diare. Namun mereka tak tahu persis apa sebabnya.


Para ahli di Children's Hospital & Research Center Oakland dan Heinrich Heine University di Jerman, meneliti apa yang menyebabkan cokelat dapat meredakan diare. Penelitian mereka dipublikasikan di Journal of Nutrition. Ternyata, kandungan kimiawi cokelat yang disebut flavonoid lah yang sangat berkhasiat. Flavonoid dari cokelat dapat menghambat salah satu jenis protein usus yang disebut CFTR. CFTR ini merupakan protein yang mengatur sekresi cairan di usus halus. Dengan terhambatnya CFTR, kehilangan cairan secara berlebihan saat diare dapat dicegah.

No comments:

Post a Comment