Wednesday, January 4, 2012

6 Gejala Flu Serius

Flu biasanya dianggap penyakit ringan, dan tak perlu terlalu mendapat perhatian khusus. Dengan meminum obat yang dijual bebas di warung atau beristirahat sebentar, gejala flu akan segela hilang. Meski demikian, Anda jangan terlalu meremehkan penyakit yang kerap terjadi di musim pancaroba ini, mungkin saja gejala yang anda derita termasuk dalam gejala penyakit serius. Jika Anda mengalami enam gejala flu dibawah ini, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sulit bernapas dan dada terasa sakit


Selain hidung tersumbat dan otot yang umumnya terasa sakit, demam atau flu tidak seharusnya membuat Anda kesulitan bernapas dan mengalami sakit pada dada. Jika ini yang Anda rasakan, mungkin ini bukan hanya sekadar gejala flu biasa. Segera hubungi dokter untuk memastikan gejala yang Anda derita, mungkin saja itu termasuk gejala penyakit jantung, asma, pneumonia atau yang lainnya.

Demam yang tak kunjung reda

Jika Anda mengalami demam terus menerus, bisa jadi itu indikasi adanya gejala infeksi tambahan dalam tubuh yang harus segera mendapatkan perawatan.

Muntah hingga dehidrasi

Dalam keadaan flu berat, tubuh membutuhkan cairan untuk terhindar dehidrasi. Jika Anda sulit mempertahankan keadaan normal cairan tubuh, sebaiknya langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan cairan tambahan melalui infus.

Tenggorokan sakit saat menelan

Ini gejala flu yang sebenarnya tidak biasa. Sakit tenggorokan dalam kadar ringan seringkali terjadi saat flu, namun jika rasa sakit itu tak kunjung berkurang bahkan kadarnya meningkat, mungkin saja itu tanda adanya infeksi atau penyakit lain yang perlu perawatan dokter.

Batuk yang sulit hilang

Batuk yang tidak mau pergi, biasa hanya diakibatkan oleh efek tenggorokan yang kering karena flu. Biasanya akan sembuh dengan mengkonsumsi antihistamin. Tetapi apabila batuk tetap bertahan selama lebih dari 2 hingga 3 minggu, segera periksakan ke dokter karena mungkin saja terjadi infeksi.

Hidung tersumbat dan sakit kepala

Demam dan alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat. Penyumbatan dalam jangka waktu lama, dapat memicu infeksi sinus. Jika anda mengalami hal ini, jangan lakukan pengobatan biasa, pergilah ke dokter untuk penyembuhan dengan antibiotik.

No comments:

Post a Comment