Wednesday, January 18, 2012

7 Terowongan Unik di Dunia.

Kita semua pasti mengetahui apa yang dimaksud dengan terowongan, adalah seperti gua yang berupa buatan yang digunakan untuk lewat kendaraan, baik mobil atau kereta api. Berikut Kabarini merangkumnya dalam 7 Terowongan Unik di Dunia.
1. Terowongan Channel
Terowongan ChannelTerowongan yang terletak di Coquelles, Perancis ini merupakan terowongan yang memiliki panjang 31 mil. Mengapa terowongan ini dikatakan unik? Terowongan Channel ini menghubungkan Inggris dengan Prancis melalui selat Inggris. Proyek yang memaan biaya hingga $ 20 miliar ini sebenarnya telah direncanakan dari ratusan tahun yang lalu akhirnya baru selesai tahun 1994 lalu akibat beberapa alasan dan kondisi.
2. Terowongan Zion-Mount Carmel
Terowongan Zion-Mount CarmelTerowongan yang terletak di Zion Canyon, Utan ini memiliki Serangkaian jendela berukir yang menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan saat melintasi terowongan Zion-Mount Carmel.
3. Terowongan Marmaray Tunnel
Thames Tunnel
Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa. Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan.
4. Natural Tunnel
Natural Tunnel
Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini. Dikatakan unik karena lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan secara teratur.
5. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Terowongan yang terletak di Clear Creek County, Colorado ini memiliki panjang 1,67 mil. Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel unik dan menonjol, seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung terpanjang di AS.
6. Cheyenne Mountain Complex
Cheyenne Mountain Complex
Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung. Dikatakan unik sebab Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di sepanjang jalan.
7. Seikan Tunnel
Seikan Tunnel
Terowongan yang terletak di Honsho, Jepang ini memiliki panjang 33,5-mil. Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

No comments:

Post a Comment